Pentingnya Sistem Digital Ditengah Masa Pandemic Covid-19

pentingnya digitalisasi-min

Pentingnya Sistem Digital Ditengah Masa Pandemic Covid-19 ini banyak pemilik usaha dan pekerja menjadi kebingungan, karena semua masih dikerjakan secara manual, dan keharusan para pekerjaanya bekerja secara Work From Home menjadikan operasional perusahaan terganggu. Mulai dari mengetahui berapa penjualan harian, kesulitan memantau pengiriman barang, kesulitan memantau tagihan customer, dan masih banyak lagi.

Dalam pengembangan bisnis Pentingnya Sistem Digital Ditengah Masa Pandemic Covid-19 ini memiliki sistem sangat dibutuhkan untuk memastikan bisnis beroprasi dengan baik, yang paling utama dalam pengolahan data. Penggunaan sistem pun semakin terasa ketika bisnis mengalami perkembangan signifikan, karena kita harus mengimbangi permintaan yang masuk dan juga diimbangi dengan meningkatkan kemampuan SDM dalam mengoprasikan sistem informasi.

Baca juga : Mengenal Modul Sistem ERP yang Cocok untuk Bisnis Anda

Tapi jika suatu perusahaan memiliki system yang digital dan terintegrasi satu sama lain, maka dirinya bisa mengontrol perusahaan kapan saja dan dimana saja. Dan bekerja secara Work From Home sudah tidak menjadi halangan.

 

Dengan beralihnya ke digital, para pemilik usaha dan pekerja memiliki 5 keuntungan yaitu :

  1. Menjangkau pasar yang lebih luas

Internet saat ini menjadi salah satu platform yang banyak digunakan para konsumen untuk menemukan produk yang dicari. Banyaknya pengguna internet tentu akan berdampak terhadap para pelaku usaha untuk memperkenalkan produk. Sebagian besar konsumen saat ini banyak menggunakan internet sebgai sarana menemukan produk yang dicari. Saat konsumen mengenal produk ataupun jasa yang anda miliki, besar peluang mereka bisa membeli atau berkonsulatasi secara langsung melalui smartphonenya daripada harus dating langsung ke tempat usaha anda.

  1. Data menjadi akurat dan terpusat

Anda bisa membayangkan saat bisnis semakin berkembang, tapu tidak di imbangi dengan kemajuan di sisi teknologi informasi, pasti akan sangat merepotkan. Report secara manual membutuhkan sumberdaya dan tenaga yang banyak, tapi belum tentu hasilnya akan akurat. Anda bisa menggunakan software yang bisa melakukan semuanya secara otomatis sehingga bisa meminimalisasi kesalahan yang disebabkan oleh human error.

  1. Bisnis dapat dipantau secara online, di mana saja dan kapan saja

Dengan adanya sistem informasi untuk manajemen kita bisa memantau secara realtime dimana dan kapan saja, sehingga bisnis semakin melesat meskipun diterjang pandemi covid-19. Semua bisa dilakukan dengan sistem digital yang sudah terintegrasi. Tidak hanya itu, sistem digitalisasi juga akan mempermudah pendelegasian tugas kepada pihak lain akan lebih mudah dan hal itu bisa kita pantau langsung dengan gadget anda.

  1. Dapat cepat mengambil keputusan

Dengan menggunakan sistem digitalisasi, data yang masuk bisa langsung diolah secara otomtis sehingga bisa membantu tugas manajemen agar lebih efektif. Dengan tambahan dukungan teknologi internet, anda bisa mengambil data yang dibutuhkan pada sistem secara realtime, sehingga pengambilan. keputusan akan menjadi lebih cepat dan efisien.

  1. Menghemat biaya dan meningkatkan profit

Saat sistem digital sudah bekerja bagi bisnis anda, kesalahan yang terjadi akibat human error bisa diminialisir. Dengan kecilnya resiko kesalahann akan membuat produktifitas kerja SDM yang ada dapat meningkat. Secara tdak langsung kondisi ini akan membuat biaya operasional bisa ditekan lagi.

Share this post

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on print
Share on email
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Recent Posts

Newsletter

Subscribe for our monthly newsletter to stay updated

Popular Posts

pentingnya HRIS system-pada perusahaan

Pentingnya HRIS bagi Perusahaan

Pentingnya HRIS bagi Perusahaan – HRIS (Human Resources Information System) adalah semua modul yang mengelola segala hal terkait sumber daya manusia atau SDM. Sebagaimana yang